Resep Kue Mangkok Dari Tepung Beras Rose Brand

Kue mangkok adalah penganan yang terbuat dari tepung beras, tepung terigu dan tapai singkong yang dimasak dengan cara dikukus. berbentuk seperti mangkok dan mekar pada ujungnya. Kue mangkok merupakan salah satu kue basah yang populer di Indonesia. Kue yang biasa dijual di pasar tradisional ini diperkenalkan oleh imigran dari Tiongkok selatan, yang kemudian mengalami indigenisasi.

Baca Juga>Cara Membuat Bubur Sumsum Yang Enak
                >Resep Membuat Bakpao Yang Lembut
                >Resep dan Cara Membuat Bubur Manado

Bahan utamanya adalah tepung beras yang dicampur sedikit tepung terigu. tapai singkong dan gula juga ditambahkan sebagai penyedap. Adonan ini, setelah diberi pengembang kue (seperti baking powder), kemudian dikukus.

Kehadiran kue mangkok biasanya ada pada pesta ulang tahun atau pertemuan warga. Hiasan sesajian di Bali juga kadang-kadang memakai kue mangkok. Kue ini menarik secara visual karena biasanya berwarna warni cerah, setelah diberi pewarna makanan (sepuhan).

Baca Juga>Resep dan Cara Membuat Buntil daun Singkong
                >Resep Ayam Goreng KFC Renyah
                >Resep Ayam Goreng POP Spesial

Tepung beras memang banyak sekali kegunaannya terutama tepung ini sering dijadikan bahan baku pembuatan kue, jika di Indonesia kebanyakan tepung beras digunakan untuk membuat kue-kue tradisional ataupun hidangan tradisional lainnya.

Kue Mangkok Beras, sudah tentu kue ini terbuat dari tepung beras dong. Resep Kue Mangkok Dari Tepung Beras Rose Brand merupakan jajanan basah tradisional Indonesia, rasa dan bentuknya seperti kue apem yang berongga dan memiliki rasa yang sedikit masam karena berasal dari tape nasi.
Resep Kue Mangkok Dari Tepung Beras Rose Brand

Bahan-bahan Kue Mangkok Dari Tepung Beras Rose Brand

Bahan 1:
  • 100 gram tape nasi
  • 100 gram tepung beras
  • 50 ml air kelapa
Bahan II:
  • 150 gram tepung beras
  • 30 gram tepung sagu
  • 200 gram gula pasir
  • 300 ml air
  • 2 sdt baking powder
Cara membuat Kue Mangkok Dari Tepung Beras Rose Brand :
  • Campur dan aduk rata bahan 1 selama 15 menit. Diamkan semalaman atau minimal 3 jam
  • Campur tepung beras, tepung sagu, air, gula pasir, baking powder, dan bahan 1, proses ke dalam blender hingga lembut. Saring
  • Panaskan air dalam dandan/kukusan. Masukkan cetakan kue mangkuk kecil-kecil yang telah diolesi dengan minyak dan biarkan sebentar hingga cetakan panas. Tuang adonan ke dalam cetakan, kukus dalam api besar selama 15 menit hingga matang dan merekah
  • Angkat, keluarkan dari cetakan. Biarkan dingin
  • Sajikan
Jajanan tradisional satu ini masih bisa kita temukan di toko-toko makanan basah yang menjajakan kue tradisional Indonesia. Rasanya yang manis dan masam juga teksturnya yang empuk namun berongga-rongga membuat kue ini digemari banyak orang karena unik dan lezat rasanya. Dengan adanya resep diatas Anda bisa coba membuatnya sendiri di rumah, siapa tahu suatu saat Anda bisa memulai usaha kue basah sendiri. Selamat mencoba!

Print
Waktu persiapan
15 minit
Waktu memasak
50 minit
Waktu total
1 jam 5 minit

Penulis: Ang Zaenal Alfian
Macam resep: Jajanan
Cuisine: Indonesia
Saran penyajian: 4 porsi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel