Makalah Tentang Penyakit Ambeien

Penyakit Ambeien adalah penyakit yang disebabkan oleh pembengkakan pembuluh darah dibagian bawah poros usus, baik disebelah dalam maupun disebelah luar lubang dubur.

Sepintas bentuknya mirip bisul yang berwarna merah kebiruan. Pembengkakan ini menyebabkan terhambatnya aliran darah keperut.

Belum diketahui secara pasti penyebab penyakit ini. Diperkirakan ambeien dipicu oleh kurangnnya serat makanan yang dikonsumsi. Bisa juga disebabkan kebiasaan duduk terlalu lama sehingga aliran darah dibagian dubur menjadi tertekan. Akibatnya terjadi penebalan jaringan mati di sekitar dubur.

Bahaya penyakit ambeien, Penderita penyakit ini dilarang mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas, minuman keras dan mengkonsumsi makanan yang berlemak. Karena terbukti Lemak bisa  membuat bagian bagian dinding usus mengendor.

Saran untuk penderita penyakit ini Sebaiknya mengurangi bekerja keras, bahkan jika memungkinkan untuk tidak melakukan pekerjaan apapun yang memicu tekanan…

Dan yang tak kalah pentingnya untuk lebih banyak mengkonsumsi buah buahan, sayuran segar dan olah raga ringan secara rutin. Hal hal tersebut diatas akan membantu penderita ini untuk memperolah kesembuhan. Penyakit ambeien dan pengobatannya akan dibahas secara detail dibawah ini
Makalah Tentang Penyakit Ambeien

Ciri ciri penyakit ambeien yang sering kita  dijumpai adalah sebagai berikut :
  • Ada rasa panas atau gatal di poros usus bagian bawah atau dubur
  • Muncul tonjolan disekelilig liang dubur
  • Sangat Sulit dan terasa sakit ketika buang air besar
  • Kadang kadang terjadi perdarahan ketika buang air besar
Cara mengobati ambeien luar dengan ramuan tradisional

Beberapa ramuan yang bisa digunakan sebagai cara untuk mengatasi ambeien tanpa operasi antara lain :
1.Ramuan pertama,
Bahan bahan nya antara lain : tiga perempat jari lempuyang wangi dan garam
Cara membuat: Lempuyang wangi dicuci hingga bersih lalu diparut. Hasil parutannya dicampur dengan air matang sebanyak dua sendok makan lalu di tambah garam scukupnya. Setelah itu diperas dan disaring.
Cara memakai: Ramuan ini diminum sebanyak dua kali sehari dengan dosis satu sendok makan sekali minum.

2.Ramuan kedua
Bahan banhannya antara lain : Setengah daun lidah buaya, dua sendok makan madu dan setengah cangkir air matang.
Cara membuat : Duri yang ada dipelepah lidah buaya dibuang. Pelepahnya dicuci kemudian diparut. Hasil parutannya dicampur dengan air matang dan madu. Campuran tersebut diaduk aduk lalu disaring.

3. Ramuan ketiga
Bahan bahan yang digunakan antara lain :
Satu jari rimpang temulawak, seperempat genggam daun kaki kuda, seperempat genggam daun saga manis, seperlima genggam daun patikan cina, tiga perempat ibu jari klembak atau kemenyan, dan tiga jari gula aren

Cara membuat :
Semuan bahan kecuali gula aren dan kemenyan dicuci hingga bersih. Semua bahan dipotong kecil kecil dan direbus dalam lima gelas air bersih. Biarkan air rebusan menyusut hingga tersisa dua gelas. Setelah dingin air rebusan disaring.
Cara memakai:
Ramuan ini diminum tiga kali sehari dengan dosis tiga perempat gelas sekali minum.

Makalah Tentang Penyakit Ambeien ini ditulis oleh Ang Zaenal Alfian

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel