Cara Menjadi Orang Sukses & Kaya

Semua artikel yang Anda baca tentang kesuksesan/kekayaan itu tidak akan membantu Anda. Kita semua tahu orang yang betul-betul sukses/kaya tidak akan menghabiskan waktunya didepan komputer/gadget membaca artikel tentang kesuksesan atau cara menjadi kaya dan sebagainya.

Orang yang sukses sebenarnya sangat simple minded, yang mereka lakukan adalah:

menetapkan tujuan –> mencari tahu caranya –> mencoba –> jika gagal maka coba lebih baik lagi atau coba yang lainnya –> sukses.

Terlihat mudah dikatakan tetapi sangat sulit pada realita dan eksekusinya. Karena itu berhenti membuang-buang waktu Anda, segeralah mulai dari sekarang. Inilah yang harus Anda lakukan sekarang juga:

1. Apa tujuan Anda?

Ini harus ditetapkan sekarang juga, Anda tidak akan kemana-mana jika tidak tahu harus kemana, apa yang ingin Anda raih? Tidak usah muluk-muluk kalau memang bingung, pikirkan saja apa yang setidaknya ingin Anda lakukan/coba sekarang.

Ini harus spesifik, jangan seperti “ingin kaya” atau “ingin sukses”. Tetapkan tujuan yang lebih detail seperti ingin menjadi fashion blogger tersukses di Indonesia, atau menjadi youtuber gaming dengan viewers terbanyak di Indonesia. Tetapkan saja dulu tidak harus percaya apakah akan kesampaian atau tidak.

Jika Anda masih bingung, cobalah ikuti test simpel berikut.

Perhatikan!! Jika Anda ingin mengikuti test ini, jangan langsung melihat kebawah/skip perintah-perintah yang diberikan, kalau tidak Anda akan kehilangan kesempatan untuk mengikuti test ini selamanya. Ikuti step-stepnya dengan baik. Percayalah.





Ambil kertas dan tulis 10 kemampuan/skill/pekerjaan apapun yang Anda ahli (diatas rata-rata), tidak harus expert tapi setidaknya “bisa Anda lakukan sekarang”. Contoh seperti:
  • Menulis artikel
  • SEO
  • Membuat website
  • Programming/coding
  • Sepak bola
  • Akting
  • Bahasa Inggris
  • E-commerce/toko online
  • Desain logo
  • Video editing
Jika masih bingung, mungkin pertanyaan-pertanyaan ini bisa membantu:
  • Apa pekerjaan/job yang sudah Anda lakukan sebelumnya?
  • Pernahkah orang lain meminta bantuan dari Anda? Apa yang mereka minta?
  • Apa kegiatan sehari-hari yang Anda lakukan?
  • Apa jurusan kuliah/studi Anda? Apa kegiatan ekskul yang Anda ikuti disekolah? Apa kegiatan UKM yang Anda jalani dikampus?
  • Pekerjaan macam apa yang pernah Anda lamar? (termasuk freelance)
  • Coba berkunjung ke situs pencari kerja/freelancer dan lihat dari semua job yang ada, pekerjaan manakah yang bisa Anda lakukan sekarang juga.





Jika sudah, coba bayangkan kalau semua kemampuan itu hilang dan Anda hanya boleh menyisakan 3 untuk diri Anda, kemampuan apa yang ingin Anda pertahankan. Contoh:
  • Menulis artikel
  • Membuat blog
  • SEO
Bayangkan jika seumur hidup Anda hanya memiliki 3 kemampuan itu dan hanya boleh melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan 3 kemampuan tersebut. Putuskan sekarang juga! (ini penting), sebelum Anda lanjut, minimal harus ada 1 kemampuan yang sudah Anda pilih, jika Anda tidak dapat memutuskan satupun, maka test ini berakhir sampai disini.





Biasanya orang-orang akan memilih 3 kemampuan yang pertama kali muncul dibenak mereka saat disuruh menulis 10 daftar diatas. Sekarang Anda sudah memiliki 3 kemampuan dan pertanyaan berikutnya adalah:
  • Apakah skill tersebut dapat digunakan untuk membantu orang lain (memberikan value)?
  • Apakah skill tersebut ada yang mau membayarnya atau dapat dijadikan sumber penghasilan?





Jika Anda berhasil menjawab 2 pertanyaan diatas dengan “ya”, selamat!! Artinya Anda telah menemukan tujuan Anda. Esensi utama dari test ini adalah untuk mengukur sekaligus mencari tahu seberapa passion Anda dengan kemampuan Anda yang sekarang.

10 daftar pertama adalah kemampuan yang Anda cukup ahli atau setidaknya bisa Anda lakukan sekarang. 3 daftar berikutnya adalah kemampuan yang Anda sayangi/cintai (passion). Dan 2 pertanyaan terakhir sebenarnya tidak terlalu penting, karena Anda sudah menemukan “sesuatu yang bisa Anda kerjakan” dan “sesuatu yang Anda suka”, maka langkah terakhir adalah mencari cara supaya hal itu bisa membawa manfaat untuk orang lain dan menghasilkan uang.

Test yang sangat simpel, tetapi sangat penting untuk hidup Anda. Apabila ketiga kemampuan diatas itu saling berhubungan, maka peluang Anda menjadi lebih banyak lagi karena kombinasi dari ketiga skill tersebut akan membuka banyak kesempatan untuk Anda. Contoh menulis artikel, membuat website, dan SEO. Ketiga skill tersebut dapat digabungkan untuk membuat blog dengan niche tertentu, dioptimasi dengan SEO untuk meningkatkan trafik dan mendapatkan penghasilan dari iklan.

Bagaimana jika ketiganya saling tidak berhubungan? Pilih satu dan eliminasi pilihan lainnya. As simple as that. Contoh misalnya seperti memilih menulis artikel. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan menulis artikel seperti:
  • Menjadi freelance writer atau penulis paruh waktu
  • Menjadi content writer untuk blog orang lain
  • Menjadi copywriter/ghostwriter
  • Menjadi penulis tetap (full-time) untuk suatu media
See? Dari 1 kemampuan sederhana saja kita sudah memiliki banyak hal untuk dikerjakan. Apalagi kalau 3. Apalagi kalau dikombinasikan. Pada akhirnya test ini membawa Anda kepada “golden area” yaitu pekerjaan dimana Anda mampu, Anda suka, dan dihargai oleh orang lain. Atau singkatnya adalah passion yang dibayar.

2. Mencari tahu

Anda sudah tahu apa yang ingin Anda lakukan, maka saatnya mencari tahu cara menghasilkan uang dari kemampuan tersebut. Mulailah dengan pertanyaan “Value/manfaat apa yang kemampuan ini bisa berikan untuk orang lain?”.

Masih bingung? Tanyalah orang lain, keluarga Anda, teman Anda, tanya melalui forum atau google. Saya yakin sebenarnya sebagian besar dari kita sudah tahu caranya, hanya saja pada akhirnya kita tidak mencoba.

Tidak semua orang betul-betul turun kelapangan dan mencoba. Mereka akan menunggu pembuktian dahulu dari orang lain dan saat mereka mencoba maka semuanya sudah terlambat. Persaingan sudah sangat ketat dan mayoritas kesuksesan tersebut sudah diambil oleh orang lain.
  • Ingin menjadi blogger? Beli domain dan hosting sekarang juga, mulai buat konten, tentukan niche Anda, buat strategi promosi (SEO/social media), dan lakukan detik ini juga. Tidak ada uang? Mulai bekerja atau freelance untuk mengumpulkan modal. Jual apapun yang bisa dijual, termasuk tenaga Anda.
  • Ingin menjadi youtuber? Beli kamera yang cukup bagus, buat konsep sederhana seperti tutorial singkat selama 2-3 menit, mulailah merekam dan upload sesegera mungkin. Lihatlah video pertama youtuber-youtuber Indonesia yang sudah sukses, konsepnya sederhana, kamera/kualitas seadanya, akting seadanya tetapi yang penting adalah mereka melakukannya.

Apapun yang ingin Anda lakukan segeralah lakukan. Sayapun yakin Anda juga sudah mengetahui caranya hanya saja tidak yakin apakah akan sukses atau tidak. Apakah akan jatuh dan gagal? Jika memang harus jatuh, maka jatuhlah.

Ingatlah ketiga skill tadi yang sudah Anda pilih dan jalani sekarang juga. Kerjakan salah satunya (jika tidak berhubungan), jika gagal coba lagi, jika masih gagal coba yang lainnya (masih ada 2 pilihan lagi).

Lebih baik rugi karena mencoba daripada rugi karena tidak melakukan apapun. If you gonna fail, then make it fail badly. Gagallah dengan segagal-gagalnya supaya Anda bisa sukses dengan sesukses-suksesnya.

Cobalah jawab pertanyaan ini, apakah Anda sudah benar-benar mencoba? Apakah Anda betul-betul turun kelapangan? Berapa banyak modal/uang yang sudah Anda habiskan? Berapa banyak waktu & tenaga yang sudah Anda buang untuk hal tersebut? Berapa kali Anda sudah gagal? Berapa kali Anda jatuh? Berapa kali Anda ditolak/diremehkan/direndahkan/dihina? Apakah Anda gagal karena mencoba atau gagal karena kebanyakan mikir?

Pada akhirnya, Anda bisa melakukan apapun jika:
  • Tidak mencoba melakukan segala-galanya (hal-hal yang bukan tujuan Anda)
  • Tahu apa tujuan Anda atau setidaknya apa yang ingin Anda lakukan
  • Memiliki waktu dan energi (passion)
  • Mau belajar, mencari tahu caranya dan bersedia/ikhlas mencoba
  • Dan yang paling penting adalah lakukan sekarang juga (Now!)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel