Rahasia Pokemon Go Menaklukan Dunia Hanya Dalam Hitungan Hari


Beberapa hari ini dunia diguncangkan oleh kehadiran game fenomenal: Pokemon GO. Hanya dalam sehari sejak peluncurannya Pokemon GO langsung menjadi top Apps di beberapa negara seperi Amerika Serikat, Australia, dll.

Di Amerika sana tidak sampai 5 jam (sejak rilis) game ini langsung menjadi no. 1 top download di App Store US. Bahkan di Indonesia saja yang game resminya masih belum rilis, tiruannya sudah menjadi top Apps no. 1 dalam negeri (luar biasa bukan?), bisa dibayangkan betapa antusiasnya orang-orang dalam memainkan game ini.

Pokemon GO KW (palsu) diatas berhasil menjadi Apps nomor 1 di App Store Indonesia sampai saat ini (13 Juli 2016). Beberapa hari sebelumnya juga ada tiruan Pokemon GO lain yang berhasil menduduki peringkat atas seperti game Poke GO diatas, dan kalau Anda scroll 150 top Apps di App Store lokal terdapat banyak judul Pokemon yang berasal dari developer yang berbeda-beda.
http://theo-sonatha.blogspot.com/2016/10/rahasia-pokemon-go-menaklukan-dunia.html

Banyak sekali pebisnis yang memanfaatkan momen ini mengambil nama besar Pokemon untuk mendongkrak popularitas gamenya, selain itu pengguna smartphone Indonesia juga membabi buta mendownload game-game Pokemon tersebut (entah dikira Pokemon GO atau memang hanya penasaran).

Lebih gilanya lagi tersedia tutorial Pokemon GO yang sudah menduduki peringkat 15 di App Store (13 Juli 2016) padahal gamenya saja masih belum ada disini.

Just info untuk Anda yang sudah tidak sabar memainkan game Pokemon GO yang asli, Anda bisa mendownload game asli/resminya melalui dua cara (yang menurut saya aman), yaitu:
  1. Bagi pengguna iOS, Anda bisa mengganti negara (region) iTunes/Apple ID yang Anda gunakan menjadi negara Amerika. Setelah itu masuk ke App Store dan download gamenya.
  2. Bagi pengguna Android, Anda bisa mengunduh Pokemon GO lewat situs penyedia APK terpercaya salah satunya Qoo-app.
Sebenarnya ada banyak cara/alternatif lain yang bertebaran di internet untuk memainkan Pokemon GO ini, tapi saya rasa kedua cara diatas jauh lebih aman daripada mengikuti petunjuk random yang tidak jelas di internet. Berhati-hatilah karena banyak publisher/hacker yang memanfaatkan para user dan takutnya smartphone Anda malah disisipi malware/virus, solusi terbaik ya sabar saja, tunggu sampai game resminya rilis di Indonesia.
http://theo-sonatha.blogspot.com/2016/10/rahasia-pokemon-go-menaklukan-dunia.html

Back to the topic, bagaimana bisa Pokemon GO sukses menjadi sangat viral dalam beberapa hari ini?

Mari kita analisa perlahan-lahan mengapa game ini bisa menjadi bisnis yang paling viral di tahun 2016 ini:

1. Pokemon GO sudah memenangkan hati user jauh sebelum game ini dirilis

Bagaimana bisa? Inilah beberapa alasannya:
  • Nostalgia masa lalu. Nama Pokemon sudah tidak asing lagi bagi seorang gamer termasuk non-gamer, semua orang tahu Pokemon, dan Pokemon GO seakan menghadirkan nostalgia masa kecil yang bahagia, kita ingin menikmati kembali masa-masa itu.
  • Terkoneksi dengan dunia luar. Fitur augmented reality yang baru dari game ini membuat penggunanya sangat-sangat menantikan pengalaman baru menjelajahi dunia luar (real world) dan berhubungan dengan sesama pemain lainnya. Merasakan pengalaman yang belum pernah kita rasakan sebelumnya.
  • Marketing yang sangat imajinatif. Jauh sebelum game ini dirilis, kehadiran game ini sudah menunjukkan buah kesuksesan dan antusias yang luar biasa dari para gamer. Anda bisa lihat dari marketing Pokemon GO 10 bulan yang lalu, seperti mimpi yang menjadi kenyataan bukan?
        sumber video: The Official Pokemon Channel (Marketing Pokemon GO 9 September 2015).

Ditambah lagi dengan trailer yang luar biasa menarik, Anda bisa lihat pada bagian komentar bagaimana orang-orang sangat berharap-harap (baca: ngemis) supaya game ini segera tersedia di negara mereka.

                            sumber video: Pokemon GO (Trailer Pokemon GO 6 Juli 2016).
2. Cocok dimainkan semua orang, kapanpun, dan dimana saja

Dari segi user experience (pengalaman pengguna) game ini sangat simpel, intuitif dan mudah dimengerti. Kita hanya perlu melakukan 2 hal dasar, yaitu:
  • Mencari Pokemon –> dengan berjalan ke berbagai tempat diluar sana, hitung-hitung sekaligus olahraga, baik untuk kesehatan
  • Menangkap Pokemon –> tinggal slide layar Anda (Pokeball) ke arah Pokemon yang akan ditangkap.
Sangat simpel bukan? Semua orang bisa menikmatinya, kapan saja mereka mau, dan dimana saja. Itulah sebab game ini cocok dimainkan oleh mereka yang bukan gamer termasuk mereka yang bukan penggemar Pokemon, karena kemudahan, tampilan yang manis (UI), dan pengalaman pengguna yang fresh membuat semua orang kecanduan memainkan game ini.

3. Network effect yang luar biasa

Jika kita kombinasikan kedua poin diatas, sudah jelas tinggal menunggu waktu sampai game ini menjadi Apps paling viral sepanjang tahun 2016.

Antusias masyarakat yang sangat tinggi sebelum game ini rilis, lalu perilisan yang sangat sukses dari hari pertama, semua orang suka memainkan game ini, dan dalam sekejap mendapatkan efek sosial (social network) yang luar biasa tinggi. Dalam beberapa hari saja Pokemon GO langsung menjadi trend no. 1 diberbagai media.
  • Berbagai forum langsung menyediakan topik/forum khusus untuk Pokemon GO.
  • Publikasi media termasuk di Indonesia (padahal di Indo masih belum rilis) seperti Detik, Tech in Asia, JalanTikus, dan lainnya yang dengan cepat memberikan pembahasan artikel demi artikel mengenai Pokemon GO.
  • Ribuan blog (termasuk blog ini) langsung membuat berbagai review, tips & trik, panduan/tutorial dan ribuan artikel lainnya untuk membahas semua tentang Pokemon GO dari semua aspek.
  • Youtuber-youtuber luar dan lokal, berbondong-bondong mengupload video tentang Pokemon GO entah berupa review, penjelasan walkthrough, dll.
  • Bahkan bisnis konvensional juga memanfaatkan kesempatan ini untuk menjadikan tempat usahanya sebagai lokasi bersponsor seperti Pokestop atau Pokemon Gym.
Semua social network ini menciptakan efek bola salju yang berkelanjutan (semakin lama semakin besar). Kejadian ini sama seperti kesuksesan game Flappy Bird dulu, namun jelas Pokemon GO ada di level yang jauh lebih tinggi. Ini seperti kontes popularitas, semua orang memainkan Pokemon GO, jelas kita juga tidak mau ketinggalan, kita ingin “get along” dengan keadaan sosial, mengikuti apa yang sedang tren dan jangan sampai kita ketinggalan momentum ini, terlebih kalau teman-teman kita sudah memainkannya dan mencapai level yang lebih tinggi (efek kompetitif).

Kemungkinan besar Pokemon GO akan menjadi App paling viral sepanjang dekade ini, dan tinggal menunggu waktu saja sampai berbagai bisnis/publisher akan meniru konsep yang sama seperti Pokemon GO (seperti kasus Tahu Bulat dan Flappy Bird).

Dari data SimilarWeb berikut bahkan Pokemon GO sudah hampir mengalahkan jumlah pengguna aktif harian Twitter. Luar biasa gila!! Aplikasi yang baru saja diluncurkan sudah mampu menyaingi salah satu sosial media terbesar didunia hanya dalam hitungan hari.

Itulah bagaimana cara Pokemon GO berhasil menaklukan dunia hanya dalam hitungan hari. Sebagai kesimpulan, inilah ringkasan pendek poin-poin diatas:
  • Kesuksesan yang sudah diraih jauh sebelum hari perilisan. Dalam seni perang Sun Tzu ada nasihat bijak: “Victorious warriors win first and then go to war, while defeated warriors go to war first and then seek to win”, yang artinya seorang kesatria sudah menang (siap) terlebih dahulu baru pergi perang, sedangkan kesatria yang kalah pergi kemedan perang dan baru mencari kemenangan. Semua memori masa lalu (nostalgia Pokemon), marketing yang imajinatif (seolah mengubah mimpi menjadi kenyataan), antusias user yang luar biasa, trailer yang sangat menarik, persiapan fitur dan aplikasi augmented reality yang matang (persiapan), sudah memvalidasi kesuksesan Pokemon GO jauh sebelum game ini dirilis.
  • Universalitas dan user experience yang luar biasa. Betapa mudah dan menyenangkannya memainkan game ini menjadikan game ini semakin adiktif. Game ini cocok dimainkan siapa saja, baik gamer maupun non-gamer, entah penggemar Pokemon atau bukan, siapa saja dapat dengan mudah memainkan game ini kapan saja dan dimana saja. Ditambah pengalaman baru (menikmati bermain diluar) yang sangat positif menjadikan game ini semakin berbeda dari game-game lainnya yang pernah ada.
  • Efek sosial yang sangat luar biasa (super viral). Kombinasi 2 hal diatas, membuat semua bisnis/media memanfaatkan momentum yang ada, mereka dengan agresif memanfaatkan trend ini, mulai dari media, bisnis konvensional, artis/influencer, youtuber/blogger, pengguna sosial media, dan semua orang dari berbagai medium secara tidak langsung sudah menciptakan free promotion dan viralitas yang tiada duanya untuk Pokemon GO. Tinggal menunggu waktu sampai akhirnya semua orang memainkan game ini (well, mungkin tidak semuanya).
Siapa yang tahu apa jadinya Pokemon GO nanti di masa depan? Apakah ini hanya trend sesaat atau industri masa depan yang baru. Namun untuk saat ini jelas semua perhatian masih tertuju pada Pokemon GO. Mari nikmati saja euforia ini dan jelajahi dunia nyata (real world) dengan penuh semangat.

All the way to Pokemon GO.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel